Senin, 04 September 2017

Pengertian Sekretaris Secara Umum

Pengertian Sekretaris Secara Umum

Pengertian Sekretaris Secara Umum - Pengertian sekretaris dilihat dari etimologinya yaitu secretum (bhs Latin) yang bermakna rahasia. Oleh karenanya sekretaris dalam kerjanya mesti bisa menaruh rahasia kantor ataupun pimpinannya. Pada umumnya makna sekretaris yaitu seseorang pembantu pimpinan untuk lakukan pekerjaan kesekretariatan. 
Menurut Dann M Braum serta Ramon C, dalam Hand Book for Government Secretary Steno-grapher (lewat Rosidah, 2005 : 12) kalau secretary is assistant to a chief who takes dictation, prepares correspondence, receives visitors, checks of his official engagements or appointment, and perfoms many order related duties that in crease the effectiveness of the chief. Pengertian itu memiliki kandungan pengertian kalau sekretaris yaitu pembantu pimpinan untuk terima dekte, mengonsep surat atau korespondensi, terima tamu, mengecek serta mengingatkan pimpinannya mengenai keharusan resmi, janji-janji dan pekerjaan dalam rencana mengingatkan dampaktivitas kerja pimpinan. 

Fungsi Sekretaris

Pengertian beda, menurut A. S. Hornby (lewat Hendarto serta Tulushatyono, 2003 : 4) kalau secretary is an employee in an office, who deals correspondence keep recor, make arrangements and appointment for a particular anggota of the staff. 
Menurut David H. maister (lewat Hendarto serta Tulushatyono, 2003 : 5) arti profesional menyaratkan satu kebanggaan pada pekerjaan, prinsip pada kwalitas, dedikasi pada kebutuhan client serta hasrat tulus untuk menolong. 
Lihat dari gambaran diatas, bisa diambil kesimpulan sekretaris profesional yaitu seseorang yang dapat bekerja untuk menolong pimpinan dengan menggerakkan semua pekerjaan dengan maksimum serta kuasai semua bagiannya sesuai sama kekuatan yang dipunyai. 
Kehadiran sekretaris begitu perlu dalam perusahaan karna tidak ada sekretaris, pimpinan juga akan susah pada pekerjaannya hingga mesti ada sekretaris yang mengurus kepentingan kecil pemimpin. Manfaat mengurusi pekerjaan dengan baik pastinya seseorang sekretaris mesti profesional. Sekretaris yang profesional yaitu sekretaris yang dapat melakukan tugasnya dengan maksimum. 
tanda-tanda sekretaris profesional yaitu seperti berikut : 
1. Dapat bergaul dengan baik. Seseorang sekretaris dalam pekerjaannya senantiasa terkait dengan umum, baik dalam orang-orang intern organisasi, ataupun ekstern organisasi. Dalam hubungan intern organisasi mencakup hubungan dengan bawahan, rekanan, ataupun atasan. Disamping itu, hubungan ekstern kantor mencakup hubungan organisasi dengan lingkungan, hubungan kantor dengan organisasi beda. 
2. Berkepribadian yang baik. Jadi seseorang sekretaris diinginkan dapat tampak, bertutur kata, serta berlaku mengasyikkan pada atasan, bawahan rekanan, ataupun semua orang di sekelilingnya. 
3. Tampilan yang memesona. Tampilan yang memesona yaitu tampilan yang enak dilihat mata serta enak dalam bicara. Hal awal yang juga akan diliat oleh umum yaitu langkah berpenampilan orang itu. 
4. Sehat, sehat adalah ukuran keadaan seorang untuk lakukan pekerjaan serta pekerjaannya dengan maksimum supaya didapat hasil yang baik. 
5. Mempunyai disiplin diri, dengan disiplin diri jadi tenaga, waktu dan pikiran jadi efektif. Sekretaris yang profesional yaitu sekretaris yang dapat mendisiplinkan dianya serta disiplin pada pekerjaannya. 
6. Sekretaris profesional dituntut untuk dapat memakai pikiran dan memakai fikirannya hingga beberapa pekerjaan yang rumit bisa teratasi dengan baik. Upaya-upaya memperluas pikiran diantaranya lewat membaca, pengalaman, serta dengarkan dari orang yang lain. Oleh karenanya bila menginginkan jadi sekretaris mesti memiliki sifat-sifat atau cirri-ciri itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar