Minggu, 13 Agustus 2017

Tugas Staf Audit

Tugas Staf Audit

Tugas Staf Audit - Ada banyak pendapat yang menerangkan tentang peranan serta tanggungjawab audit internal. Menurut Konsersium Organisasi Profesi Audit Internal (2004 : 11) peranan audit internal yaitu seperti berikut : 
“Penanggungjawab peranan audit internal mesti mengelola peranan audit internal dengan efisien serta efektif untuk meyakinkan kalau aktivitas peranan itu memberi nilai lebih untuk organisasi. ” 
Peranan audit internal menurut Hiro Tugiman (2006 : 25) menyebutkan kalau : 
“Fungsi audit internal yaitu satu pengawasan yang mempunyai lingkup tidak terbatas tidak pembatas sumber, info, kewenangan untuk memerika hal apa pun ketika kapan juga, kebebasan untuk menyebutkan suatu hal, menguji, mengevaluasi aktivitas organisasi yang dikerjakan, serta support seutuhnya dari pimpinan organisasi. ” 
Sedang peranan audit internal yang dikemukakan Ardeno Kurniawan (2012 : 53) yaitu : 
“Fungsi audit internal yaitu memberi beragam jenis layanan pada organisasi termasuk juga audit kemampuan serta audit operasional yang akan menolong manajemen senior serta dewan komisaris didalam memonitor kemampuan yang dibuat oleh manajemen serta beberapa personil di dalam organisasi hingga auditor internal bisa memberi penilaian yang berdiri sendiri tentang seberapa baik kemampuan organisasi. ” 

pengertian auditor internal


Dengan umun peranan audit internal yaitu untuk memberi penilaian pada keefektifan satu pengendalian di dalam organisasi. Peranan audit internal tidak cuma terpaku pada pencarian ketepatan serta kebenaran atas catatan-catatan akuntansi saja, tetapi juga harus melakukansuatu riset dari beragam operasional yang berlangsung diperusahaan. Diluar itu, auditor internal juga mempunyai tanggung jawab pada profesinya. Amin Widjaja Tunggal (2005 : 21) menguraikan tanggung jawab internal auditor seperti berikut : 
Tanggung jawab direktur internal audit yaitu mengaplikasikan program internal audit, mengarahkan personil serta beberapa kesibukan departemen internal audit, juga mempersiapkan gagasan tahunan untuk kontrol semuanya unit perusahaan serta menghidangkan program yang sudah di buat untuk kesepakatan, 
Auditing superior bertanggungjawab menolong direktur audit intern dalam meningkatkan program audit tahunan serta menolong dalam mengkoordinasi usaha auditing dengan akuntan umum supaya memberi cakupan audit yang sesuai sama tanpa ada duplikasi, 
Senior auditing bertanggungjawab terima program audit serta intruksi untuk ruang audit yang ditugaskan dari auditing supervisor, memimpin staff auditor dalam pekerjaan lapangan audit, 
Staff audit bertanggungjawab dalam melakukan pekerjaan audit disuatu tempat audit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar